Senin, 25 April 2016

5 Cara Bijak dan Elegan Menghadapi Persaingan di Tempat Kerja

iklan
Tips Menghadapi Persaingan ditempat kerja atau di kantor yaitu hal umum di tiap-tiap perusahaan. Sayangnya, persaingan itu kerap bikin stres beberapa karyawan. Mengakibatkan, mereka tak semangat hingga produktivitasnya alami penurunan. Supaya Anda tak seperti mereka, ada lima langkah menawan hadapi persaingan ditempat kerja Anda. 

Untuk lebih jelasnya, saya akan memberikan anda tips untuk menghadapi dengan bijak persaingan di tempat kerja :

5 Cara Bijak dan Elegan Menghadapi Persaingan di Tempat Kerja

1. Memikirkan positif mengenai persaingan 

Langkah pertama yang butuh Anda kerjakan yaitu memikirkan positif mengenai persaingan itu. Tanamkan dipikiran Anda kalau persaingan itu bagus untuk Anda, rekanan kerja, serta kemampuan perusahaan. Kenapa? Lantaran persaingan bakal bikin semuanya karyawan keluarkan kekuatan terbaiknya. 

Kekuatan paling baik itu untuk menguber posisi yang lebih atas, peroleh upah yang lebih tinggi, memperoleh reputasi baik, atau memperoleh proyek yang lebih menantang. 

Apabila Anda memikirkan persaingan itu negatif, Anda bakal peroleh beberapa hal negatif juga. Umpamanya, menjelekkan rekanan kerja, mengeluh, tak yakin diri, atau menyalahkan orang lain. 

2. Tingkatkan ketrampilan 

Langkah ke-2 yaitu tingkatkan ketrampilan Anda. Fokuslah pada apa sebagai kelebihan Anda. Lupakan dahulu ketrampilan atau kelebihan orang lain. Hal semacam ini bakal mendorong Anda untuk mencurahkan daya serta usaha menyingkirkan kekurangan Anda, bukanlah mencurahkan daya serta usaha untuk mengeluh serta mencemaskan orang lain. 

Untuk tingkatkan ketrampilan, yang butuh Anda kerjakan yaitu : 
  • Identifikasi ketrampilan berkaitan pekerjaan yang belum atau kurang Anda kuasai. 
  • Hubungi atasan segera Anda serta minta supaya Anda di beri kursus ketrampilan itu. Berikan penjelasan yang bagus (umpamanya untuk tingkatkan produktivitas Anda) waktu memohon kursus itu supaya atasan Anda menyepakatinya. 
  • Ikuti kursus yang diperbolehkan oleh atasan Anda 

3. Bekerja melebihi gambaran kerja Anda 

Persaingan yaitu kesempatan untuk menonjolkan kemampuan. Oleh karenanya, bekerja melebihi gambaran kerja Anda yaitu langkah pas untuk maksud itu. Sebagai contoh, bila pekerjaan Anda sebagai teknisi kelistrikan, mintalah beberapa pekerjaan penambahan pada atasan Anda apabila pekerjaan Anda telah usai dikerjakan. 

Kerjakan beberapa pekerjaan penambahan dari atasan tambah baik di banding Anda menghabiskan waktu yang dipunyai waktu pekerjaan Anda telah usai. Mintalah pekerjaan itu dengan cara tulus, bukanlah lantaran Anda menginginkan kompensasi duit. Ingat, kemauan yang baik bakal membuahkan yang baik juga. 

4. Membina jalinan baik dengan atasan 

Dalam perusahaan yang memprioritaskan prestasi, peran atasan begitu utama dalam meningkatkan karir bawahannya. Karenanya, binalah jalinan baik dengan atasan supaya Anda mempunyai jalinan profesional serta reputasi baik di mata atasan. Ini diinginkan bisa menolong Anda dalam persaingan kerja. 

Sebagian contoh aktivitas yang bisa menolong Anda dalam membina jalinan baik dengan atasan yaitu : 
  • Menyapanya waktu berjumpa 
  • Kerjakan pekerjaan yang diberikannya dengan cepat, cermat, serta akurat 
  • Bicara dengan cara sopan waktu mengungkapkan hasrat Anda 
  • Gagasan melaporkan perubahan proyek yang tengah ditangani 
  • Mengobrol dengan dia di waktu rehat 
  • Bertandang ke tempat tinggalnya untuk silaturahmi 

5. Bersinergi dengan kompetitor 

Langkah paling akhir yaitu bersinergi atau bekerja bersama dengan kompetitor Anda. Bila kompetitor itu butuh pertolongan, berilah pertolongan paling baik Anda. Umpamanya, bila dia belum trampil di satu instrumen serta memohon Anda mengajarinya, ajarilah dengan baik. Menghilangkan rasa takut tersaingi lantaran mungkin Anda membutuhkan pertolongan dia di masa datang. 

Diluar itu, bersinergi ini bakal menolong Anda serta kompetitor Anda berkembang. Bahkan juga, mungkin kompetitor Anda mereferensikan Anda ke posisi yang lebih tinggi bila disuruh pendapat oleh pihak manajemen. Atau, mungkin saja juga, ia menawari Anda pekerjaan yang tambah baik bila dia keluar dari pekerjaan saat ini serta jadi pimpinan di perusahaan lain. 

Simpulannya, persaingan kerja yaitu kesempatan untuk Anda untuk berkembang serta menonjolkan kemampuan. Makin menawan Anda menyikapinya, makin bergairah Anda dalam bekerja serta berkarir. Dengan demikian , rasa kuatir, stres, serta perasaan negatif yang lain bakal hilang dengan sendirinya.