Senin, 09 Mei 2016

10 Tips Untuk Memilih Asuransi Kesehatan yang Banyak Bermanfaat

iklan
Sebagai karyawan, Anda seyogianya menyiapkan diri dengan asuransi kesehatan. Kenapa? Pertama, cost penyembuhan makin hari makin bertambah serta penyakit bisa hampiri setiap saat. 

Ke-2, asuransi kesehatan bakal memberi jaminan keamanan finansial waktu Anda sakit atau alami kecelakaan. Dengan hal tersebut, cost penyembuhan dirumah sakit bakal dijamin perusahaan asuransi sesuai sama isi kesepakatan yang tercantum di polis. 

Nah, dari banyak product asuransi kesehatan yang mengedar saat ini, mana yang perlu Anda tentukan? Bila Anda masihlah bingung, tersebut 10 panduan yang bakal menolong Anda pilih asuransi kesehatan yang baik. 

10 Tips Untuk Memilih Asuransi Kesehatan yang Banyak Bermanfaat



Pada dasarnya ada dua type product yang di tawarkan perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan, yakni hospital benefit serta hospital kontan rencana. Product asuransi type hospital benefit memberi pergantian cost dengan cara terperinci atas beragam jenis cost yang kita mengeluarkan waktu berobat dirumah sakit. 

System klaim yang dipakai yaitu cashless atau non-reimbursemen ; umumnya pembayaran penyembuhan dirumah sakit dikerjakan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan. 

Disamping itu, hospital kontan rencana yaitu type product asuransi yang memberi perubahan pada jumlah (nominal) spesifik sesuai sama kesepakatan dimuka kontrak. Umpamanya, Rp 500. 000 /hari saat nasabah di rawat dirumah sakit, tanpa ada perduli berapakah cost yang sesungguhnya di keluarkan oleh nasabah. 

System klaimnya yaitu reimbursement, yakni nasabah membayar cost berobat terlebih dulu yang nanti bakal ditukar oleh perusahaan asuransi sesudah isi form mengajukan reimbursement. 

2. Cocokkan dengan keperluan Anda 

Beragam product asuransi kesehatan kerapkali bikin Anda bingung hingga mungkin Anda pilih asuransi kesehatan yang salah serta kurang cocok dengan keperluan Anda. Untuk menghindar hal semacam ini, mengerti keperluan serta kisah kesehatan Anda. Kemudian, tentukan asuransi kesehatan yang sesuai sama serta nanti mengurangi beban finansial Anda serta keluarga. 

Eko Endarto, perencana keuangan dari Finansia Consulting memberi anjuran, baiknya Anda menghimpun terlebih dulu kurang lebih service seperti apa yang dikehendaki serta yang sesuai sama biaya yang Anda punyai. 

Sebagai contoh, Anda menghimpun data mengenai cost berobat dirumah sakit beserta fasilitasnya (umpamanya kelas VIP dengan cost kunjungan dokter Rp 250. 000 serta sarana yang lain). Sesudah menghimpun semuanya datanya baru kelak Anda mencari asuransi kesehatan apa yang pas dengan keperluan Anda. 

3. Kenali faedah yang bakal Anda dapatkan 

Sebelumnya pilih asuransi kesehatan, kenali faedah yang bakal Anda peroleh. Sebagai contoh, faedah itu yaitu jaminan ketersediaan dana yang diperlukan untuk membiayai keperluan kesehatan Anda serta keluarga sebagai nasabah. Dengan hal tersebut, Anda tak perlu kuatir lagi masalah cost kesehatan. 

Cukup klaim dan tunjukkan bukti-bukti otentik seperti kwitansi pembayaran jadi perusahaan asuransi bakal membayarkan cost penyembuhan dirumah sakit itu. 

Faedah lainnya yaitu Anda bakal mengatur keuangan dengan baik lantaran Anda mesti membayar premi tiap-tiap bulannya. Dengan kata lain, Anda mesti menyisihkan upah sebagai karyawan untuk pembayaran premi sebagai dana cadangan untuk kesehatan Anda. 

4. Kenali tempat tinggal sakit yang bekerja bersama serta type perawatannya 

Dalam pilih asuransi kesehatan, Anda mesti tahu tempat tinggal sakit yang bisa terima klaim dari perusahaan asuransi. Baiknya Anda pilih perusahaan asuransi yang bisa terima klaim dari semuanya tempat tinggal sakit atau dari tempat tinggal sakit yang bisa dijangkau dengan gampang atau dekat dari rumah Anda. 

Yakinkan Anda tahu tempat tinggal sakit mana yang bekerja bersama dengan perusahaan asuransi yang Anda tentukan serta type perawatannya. Pada umumnya, ada dua type perawatan yang di tawarkan perusahaan asuransi kesehatanyaitu rawat jalan (out-patient) serta rawat inap (in-patient). Ada pula perusahaan asuransi yang memikul cost persalinan serta perawatan gigi. 

5. Tentukan premi yang sesuai sama keadaan keuangan Anda 

Premi murah serta tanggungan komplit yaitu dambaan beberapa nasabah asuransi kesehatan. Tetapi, hal yang butuh Anda kenali yaitu makin komplit pertanggungan yang didapatkan satu perusahaan asuransi, makin tinggi premi yang perlu Anda bayarkan. Jika Anda menginginkan memperiapkan dana kesehatan Anda, pastikan asuransi yang akan tidak mencekik finansial Anda. 

Jangan pernah Anda meremehkan kesehatan hari ini lantaran keperluan pokok tak terpenuhi akibat membayar premi yang tinggi. Oleh karenanya, pililah asuransi kesehatan dengan premi sesuai sama keuangan Anda. Sebagai contoh, Anda membayar premi asuransi kesehatan sebesar 10% dari upah Anda. 

6. Saksikan kredibilitas perusahaan asuransi 

Asuransi yaitu product periode panjang. Lantaran sifatnya periode panjang, Anda baiknya pilih perusahaan asuransi yang kredibel. Langkah mudahnya yaitu dengan lihat pengalaman mereka dalam mengatasi layanan asuransi kesehatan serta sistem klaimnya. 

Janganlah tergiur serta cepat meyakini premi murah yang di tawarkan dengan faedah dan type perawatan yang komplit. Tiap-tiap perusahaan asuransi mempunyai type perawatan serta premi yang tidak sama untuk nasabahnya dengan perincian pertanggungan yang tidak sama juga. Semuanya info terdaftar dalam polis Anda, jadi bacalah dengan cermat. 

7. Cermat keringanan klaim 

Banyak nasabah yang terasa tertipu lantaran mereka mesti membayar cost penyembuhan dimuka. Dalam masalah ini, mereka sesungguhnya mengambil product asuransi dengan system reimbursement. Nah, jangan pernah Anda jadi nasabah yang terasa dirugikan. Kenali dengan cermat keringanan system klaim asuransi kesehatan yang bakal Anda tentukan. 

Pada intinya ada dua type system klaim yakni cashless serta reimbursement. Dalam system cashless atau non-reimbursement umumnya pembayaran penyembuhan dirumah sakit dikerjakan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan. 

Sesaat dalam system reimbursement, nasabah asuransi kesehatan diharuskan untuk membayar terlebih dulu semuanya cost medis yang di keluarkan, yang baru lalu ditagihkan pada perusahaan asuransi kesehatan dengan menyertakan kuitansi pembayaran dari tempat tinggal sakit. 

8. Banding dengan product asuransi dari perusahaan lain 

Makin banyak perusahaan asuransi yang tawarkan beragam product serta faedah perawatan kesehatan, semestinya bikin Anda mempunyai lebih beberapa pilihan. Janganlah cuma terpaku pada satu perusahaan asuransi saja. Anda baiknya mencari info mengenai perusahaan asuransi yang lain serta memperbandingkan product asuransi mereka. 

Hal yang perlu Anda cermati dalam memperbandingkan product asurasi yaitu premi bulanan, type perawatan kesehatan, system klaim, provider atau tempat tinggal sakit yang bekerja bersama, serta beberapa faedah lain yang di tawarkan oleh perusahana-perusahaan asuransi kesehatan. 

9. Jauhi mengambil asuransi lewat tele-marketing 

Agen asuransi yang lakukan rekrutmen pada nasabah biasanya dikerjakan dengan bertatap muka dengan cara segera. Tetapi, ada juga agen asurasi yang menghubungi calon nasabah lewat telephone atau tele-marketing. Lantaran secara singkat saat, product asuransi tidak bisa diterangkan dengan cara mendetail. 

Baiknya Anda merenungkan, menganalisisi. serta mencari info selanjutnya, sebelumnya mengambil keputusan bakal mengambil tawaran itu. Jika Anda sudah terlanjur jadi nasabah serta akan mengambil keputusan kontrak, umumnya premi yang terkumpul tidak bisa dikembalikan. 

Ingat, bila Anda tak cermat pilih hari ini, Anda bakal tidak untung keesokan hari. Jadi, mintalah saat sekian hari untuk pikirkan, sebelumnya Anda memutuskannya. 

10. Tentukan asuransi kesehatan murni

Bila Anda memerlukan faedah asuransi kesehatan yang komplit tetapi mempunyai biaya terbatas, Anda baiknya mempunyai asuransi kesehatan murni yang berdiri dengan sendiri. Premi asuransi kesehatan murni relatif lebih rendah di banding asuransi plus investasi. Hal semacam ini lantaran dana asuransi kesehatan murni akan tidak dipakai untuk maksud investasi. 

Tips Pilih asuransi kesehatan yang baik butuh kiat spesial serta tak harusnya dikerjakan dengan tergesa-gesa. Coba kesepuluh panduan diatas hingga Anda memperoleh asuransi kesehatan yang pas dengan keperluan serta keadaan keuangan Anda. Bila dibutuhkan, mintalah anjuran dari perencana keuangan Anda hingga pilihan Anda makin baik lagi.